Wednesday, February 6, 2013

Cara membuat separasi CMYK dengan CorelDRAW

separasi wajah
Dunia sablon tak jauh dari coreldraw. Hampir semua desain untuk sablon bisa dilakukan dengan sofware grafis yang satu ini. Mulai dari sablon satu warna hingga separasi. Untuk teknik pemisahan warna tetapi warna baku saja (misalnya: merah, kuning, biru dll) dapat anda lihat di sini. Teknik tersebut hanya untuk membuat film sablon manual tanpa dot raster (titik-titik). Nah, untuk ini saya akan memberikan tutorial teknik membuat separasi CMYK untuk sablon manual.

Lihatlah gambar di atas, gambar tersebut jika anda zoom pasti akan tampak titik-titik yang membentuk gambar. Teknik inilah yang digunakan untuk menggabungkan warna CMYK menjadi sebuah gambar dengan sablon separasi.

Pada sablon separasi setiap gambar kita membutuhkan 4 buah film, yaitu film pertama untuk mentransfer warna cyan, kedua untuk warna magenta, ketiga untuk warna yellow dan terakhir warna black atau hitam. Dengan screen film yang telah dibuat sebelumnya kita menrasfer 1 persatu warna cmyk. Jadi, nantinya warna akan saling timpa dan akhirnya bisa membentuk sebuah gambar separasi. Misalkan kita menyablon wajah maka tampaklah seperti wajah.

Lalu bagaimana langkah membuat separasi CMYK dengan coreldraw? Berikut langkahnya:
1. Buka coreldraw dan import sebuah gambar atau foto.
2. Seleksi gambar tersebut, selanjutnya convert terlebih dahulu gambar menjadi Bitmap. Caranya pilih menu Bitmaps, dan klik Convert to Bitmap. Pada jendela baru atur Resolution: 300 dpi dan Color mode CYMK Color (32-bit). Lihat gagambar di bawah ini:
convert to bitmap
3. Langkah selanjutnya, pilih menu Bitmaps lagi, klik Color Tansform > Halftone.
4. Pada jendela munculan, atur Cyan, Magenta, Yellow dan Black menurut keinginan. Untuk hal ini anda perlu praktek, sehingga menemukan pengaturan yang menurut anda cocok.
5. Setelah pengaturan cmyk selesai, tentunya kita membutuhkan gambar outputnya dengan cara diprint.
6. Untuk pengaturan printernya berbeda dengan ketika ngeprint kertas biasa. Setelah kertas output diatur sedemikian rupa, pada tab Separations aktifkan Print Separations dengan mencentangnya. Lihat pada bagian bawah, di sana terlihat masing-masing warna seperti gambar di bawah ini:
pengaturan output print separasi
7. Selanjutnya, jangan diprint dulu. Klik Print Previewnya terlebih dahulu. Jika pengaturannya benar maka di sana akan ada 4 tab warna CMYK. Yang artinya, ketika anda klik print maka akan ngeprint 4 lembar kertas. Setelah anda yakin benar barulah mulai diprint. lihat gambar di bawah ini:
output printer cmyk
Agar lebih jelas, di sini saya sediakan juga video tutorial membuat separasi CMYK dengan CorelDRAW. Perhatikan dengan seksama.

Semoga membantu.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Supriyadi Pro, Published at Wednesday, February 06, 2013 and have 0 komentar
Related Post